Fenomena Alam Halo Matahari

Halo Matahari Halo Matahari yang terjadi di beberapa daerah meraupakan fenomena alam yang terjadi baru-baru ini di daerah indonesia, di atas Kota Padang hallo matahari terjadi Sejak pukul 10.00, Kamis 21 Oktober 2010, Sebagian besar warga lalu mengaitkan fenomena ini dengan gempa besar.

Menurut Wikipedia, fenomena halo adalah fenomena optis yang terjadi karena pembiasan uap air oleh cahaya matahari sehingga kadang memunculkan pelangi mengelilingi matahari.

Adapun Menurut situs staf Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi matahari. Halo bisa terjadi jika cuaca mendung atau awan hitam yang berisi air mengelilingi matahari. Maka terjadilah pelangi.
"Fenomena ini soalnya pernah terjadi sehari setelah gempa besar 30 September 2009," kata Sari, seorang warga Padang. Dan Sari pun penasaran dengan fenomena ini, mencoba mengabadikan dengan kamera ponselnya.
Selain di kota padang ternyata penomena alam hallo matahari juga terlihat Di tempat lain seperti di jawa timur dan Surabaya, Fenomena ini juga sering terjadi pada saat bulan purnama, sehingga disebut halo bulan.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Tapi Mohon dengan kata-kata Sopan :)
U comment I follow